Author: Ummul Khairi
•Tuesday, February 07, 2012

Hari ini adik saya, Lala, berulang tahun yang ke-10. Usia yang terbilang cukup dewasa untuk ukuran anak-anak. Artinya, Lala tidak boleh lupa lagi pada shalat 5 waktunya, bacaan shalat, beberapa hukum tajwid dalam membaca Al-Quran, juga sudah harus bisa membantu saya mengurus rumah :D

Karena ank paling bungsu, hampir semua permintaannya dituruti. Tahun ini ia minta dibelikan sandal baru dan helm. Jauh sebelum hari ulang tahunnya, ia sudah sibuk minta dibelikan beberapa bahan cake. Jadilah tahun ini request cakenya adalah brownies. Tentu saja yang harus membuatnya saya. Baiklah. Untuk adik tersayang, saya membuatkan Chocolate Cheese Brownies. Brownies kukus terbilang pertama kali saya buat. Biasanya setiap cake yang saya buat menggunakan oven. Awalnya tidak pe-de. Takut gagal. Takut cakenya bantet dan tidak lembut. Tapi selalu ada yang pertama dalam segalanya, bukan? Then, Alhamdulillah cakenya sukses. Campuran coklat dan keju merupakan perpaduan rasa yang unik.

Beberapa cake yang pernah saya buat seperti Chiffon, Tiramisu Cake, Lapis Surabaya, Marmer Cake, Black Forest #kue klasik, dan Chocolate Cheese Brownies. Dari beberapa panganan diatas, Tiramisu Cake adalah Masterpiece saya. Setidaknya Mama dan adik lelaki saya yang mengatakan begitu. Dibanding yang lain, Tiramisu memiliki kerumitan tersendiri. Oleh karena itu, penyajiannyapun hanya setahun sekali. Tepatnya ketika lebaran. Malahan, lebaran tahun lalu, Mama request 2 loyang tiramisu sekaligus!

Setiap awal bulan, dirumah kami selalu penuh dengan panganan. Salah satunya cake. Kami sekeluarga sangat menyukainya. Ketika ada rezeki lebih, saya juga senang membeli cake apapun untuk dibagikan bersama keluarga. Mereka memiliki pendapat masing-masing jika menyangkut soal rasa. Dan, setiap toko kue yang saya hunting di Banda Aceh memiliki cita rasa tersendiri. Jadi, setiap kue yang berbeda jenisnya tidak bisa dibandingkan satu sama lain.

Dulu pernah saya memesan Green Tea Roll Cake pada seorang kerabat. Saya memilih bolu gulung ini karena, selain belum pernah mencicipinya, Green Tea Cake memang terbilang jarang tersedia di toko-toko kue. Namun saya mendapat komentar berbeda dari keluarga. Hingga pernyataan yang sedikit berlebihan keluar dari mulut Mama.

"Diantara kue yang pernah Mama makan, Mama paling suka Tiramisu" Mama bisa bilang seperti ini mungkin karena lidah orang pada umumnya hanya mengenal rasa coklat, keju, mocca dan pandan. Jadi, ketika dihadapkan dengan rasa yang terbilang baru dan ganjil, perlu penyesuaian terlebih dahulu. Ah...bagi saya, tiramisu ya tetap rasa tiramisu, tidak bisa dibandingkan dengan green tea, coklat maupun pandan. Dan, tentang rasa, semua orang boleh punya pendapat berbeda.

Anyway, tidak ada makanan yang tidak enak, tidak ada lagu yang diciptakan jelek, semua hanya perihal suka dan tidak suka. Saya tidak suka terasi, bukan berarti terasi tidak enak, atau saya tidak suka lagu-lagu Justin Beiber juga bukan berarti lagunya jelek, semua hanya suka dan tidak suka. Dan, suka-tidak suka itu relatif. Personal sekali.

This entry was posted on Tuesday, February 07, 2012 and is filed under , , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

12 comments:

On February 7, 2012 at 11:15 PM , Hasan Cakep said...

nice! :)

 
On February 8, 2012 at 9:41 AM , MUHAMMAD RIDWAN said...

bener banget, selera itu relatif .....

 
On February 8, 2012 at 12:03 PM , Yus Yulianto said...

hmmm, benar juga. 10 tahun itu dewasanya anak-anak... :D

 
On February 8, 2012 at 7:37 PM , Urang Kampoeng said...

sepakat.....(^_^)

 
On February 9, 2012 at 7:41 PM , Ummul Khairi said...

@hasan: thanks :)

 
On February 9, 2012 at 7:42 PM , Ummul Khairi said...

@ridwan: nice catch!
karena tidak semua yang orang lain suka, kitapun suka :D

 
On February 9, 2012 at 7:43 PM , Ummul Khairi said...

@yus: sudah wajib shalat untuk ukuran anak-anak kan ya ^^

 
On February 9, 2012 at 7:46 PM , Ummul Khairi said...

@urang kampoeng: (^_^)

 
On February 9, 2012 at 9:38 PM , Nick Salsabiila said...

kapan2 aku pasti ke aceh dan pesan tiramisu 3 loyang..(insyaallah) ke kamu Ai..wkwkwkw
Satu hal yg aku belum berani lakukan adalah mengolah sendiri cake yg aku mau di dapur ajaib..hahaha..#ketakutan akan kegagalan terkadang lebih besar dibanding rasa penasaran..:P

 
On February 10, 2012 at 3:53 PM , Sam said...

tak ada yang mutlak sepertinya di dunia ini... ga selamanya benar dan ga selamanya salah, ga selamanya suka dan ga selamnya benci.... semuanya mengalami pasang surutnya sendiri... termasuk soal rasa ini, karena ada saat2nya kita merasakan jenuh terhadap rasa yang terus menerus kita kecap itu... :)

selamat ulang tahun yaa buat adeknya si Lala..... pengen ngerasain tiramisunyaa dan pesan donkk... 1 ons... :D

 
On February 11, 2012 at 1:43 PM , Ummul Khairi said...

@nick: hehe..selalu ada yang pertama dalam segalanya kan? ^^

eh, 3 loyang? @_@ *rolling eyes

 
On February 11, 2012 at 1:49 PM , Ummul Khairi said...

@sam: yeah, tak ada yang mutlak, dan tak ada yang boleh menjudge. semua soal pilihan, kan?

ituu, 1 ons sam? yakin nih? hehe..